Visi

 

TERWUJUDNYA PROVINSI KEPULAUAN RIAU SEBAGAI BUNDA TANAH MELAYU

YANG MAJU, GEMILANG, RELIJIUS DAN UNGGUL DI BIDANG MARITIM.

 

Motto/Tagline

 

Bersatu Teruskan Pembangunan

 

Misi 01

Teruskan pembangunan sektor pendidikan dan kebudayaan yang MAJU dengan meningkatkan kualitas baik sarana prasarana maupun SDM, serta menjamin pemerataan akses pendidikan agar terbentuk peserta didik yang UNGGUL, berprestasi dan berakhlak mulia.

 

  1. Meningkatkan kualitas layanan pendidikan formal dan nonformal baik daerah perkotaan, pedesaan, kepulauan maupun daerah terdepan, terluar, dan tertinggal.
  1. Menjamin akses masyarakat terhadap pendidikan berkualitas di semua level dari mulai tingkat PAUD (pendidikan anak usia dini), taman kanak-kanak, SMP/MTs, SMU/MA/SMK, pondok pesantren dan perguruan tinggi.
  1. Menjamin anak usia sekolah dari keluarga miskin ataupun rentan miskin mendapat pendidikan yang layak.
  1. Mendorong modernisasi sarana pendidikan termasuk menyiapkan digitalisasi sekolah untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.
  1. Mendorong Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sejak usia dini di semua wilayah untuk memberdayakan generasi emas sebagai upaya membangun SDM UNGGUL dan berakhlak mulia.
  1. Meningkatkan kualitas SDM pemuda dengan kegiatan olah raga terutama pembinaan melalui kompetensi dan Menjamin akses masyarakat terhadap peningkatan keterampilan, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional dengan memperhatikan aspek pengembangan potensi lokal.
  1. Pemajuan Kebudayaan melalui pelestarian budaya Melayu untuk menegaskan Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu.
  1. Mengembangkan seni budaya kekinian berbasis budaya lokal dan budaya nusantara dan mendorong rumah cagar budaya menjadi pusat kebudayaan dan menjadi tempat berkumpulnya pegiat dan penikmat seni.
  1. Mendorong kerjasama komunitas seni lokal dengan promotor festival bertaraf internasional untuk menghasilkan kolaborasi pertunjukan seni tingkat dunia di Kepri.
  1. Mengintegrasikan sekolah pariwisata dengan industri pariwisata dan budaya untuk mewujudkan Kepri destinasi wisata dan budaya.

 

Misi 02

Teruskan pembangunan sektor kesehatan yang MAJU dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan termasuk optimalisasi tenaga kesehatan yang UNGGUL dan profesional serta mendorong pelaksanaan hidup bersih dan sehat.

  1. Menjamin akses masyarakat terhadap layanan kesehatan berkualitas melalui Sistim rujukan yang berbasis penggunaan teknologi kesehatan dan teknologi informasi terkini, revitalisasi, penguatan sarana dan prasarana dan SDM kesehatan baik di daerah perkotaan, pedesaan, kepulauan maupun daerah terdepan, terluar, dan tertinggal.
  1. Menjamin ketersediaan tenaga kesehatan yang berkualitas dan merata di semua daerah melalui program Dokter Kandungan dan Bidan sebagai terobosan untuk menurunkan angka kematian ibu, angka kematian balita, menurunkan angka gizi buruk.
  1. Program dukungan bagi kesehatan ibu hamil dan melahirkan serta peningkatan gizi balita dan pemberantasan stunting, serta meningkatkan kepesertaan masyarakat dalam BPJS melalui bantuan pembiayaan premi dan dukungan pembiayaan kesehatan lainnya.
  1. Mendorong peran serta Masyarakat, dalam memanfaatkan sarana dan prasarana kesehatan baik RS, Puskesmas, Polindes, Posyandu untuk supaya Bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara optimal.
  1. Mendorong gerakan sadar gizi dan program dokter keluarga mandiri dan membangun perilaku masyarakat hidup sehat secara partisipatif dan mensukseskan program imunisasi vaksin Covid 19 pada seluruh masyarakat Kepri 2021.
  1. Pembentukan program kesehatan kewilayahan di semua level yaitu Desa Sehat, Kelurahan Sehat, Kecamatan Sehat, Kabupaten Sehat dan Kota Sehat.
  1. Penguatan program promotif dan preventif serta meningkatkan edukasi publik mengenai pentingnya pola hidup bersih dan sehat untuk menekan angka penyakit menular termasuk covid-19 dan penyakit tidak menular kronis.
  1. Menyiapkan berbagai pendukung terlaksananya adaptasi kebiasaan baru sebagai dampak adanya wabah covid-19.
  1. Menjamin ketersediaan obat dan vaksin serta alat diagnostik cepat untuk pengendalian penyakit menular, termasuk covid-19.
  1. Mendorong Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sehingga keluarga atau anggota keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan serta Mendorong peran aktif keluarga dalam kegiatan-kegiatan kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan.

 

Misi 03

Teruskan Pembangunan sektor perekonomian yang MAJU dan UNGGUL dengan struktur ekonomi yang produktif dan berdaya saing.

  1. Meneruskan pengembangan perekonomian berbasis industri dan perdagangan di Kawasan FTZ untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
  1. Mendorong tumbuh dan kuatnya ekonomi kerakyatan yang didukung sektor industri dan UMKM yang tangguh untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan baik di perkotaan maupun di perdesaan.
  1. Meningkatkan Iklim Ekonomi Kondusif Bagi Kegiatan Penanaman Modal (investasi) dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dan Memberikan jaminan kemudahan berusaha.
  1. Mengembangkan ekonomi kreatif dan ekonomi digital serta Memanfaatkan Bonus demografi dengan menumbuhkan wirausahawan-wirausahawan baru terutama dari kalangan generasi milenial.
  1. Mengembangkan Sumber Daya Manusia termasuk tenaga kerja lokal yang terampil dan siap pakai.
  1. Mengembangkan sektor usaha ekonomi mikro, kecil dan menengah, seperti Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Usaha Ekonomi Produktif (UEP) masyarakat, home industry sebagai penyedia lapangan kerja dan pendorong pertumbuhan ekonomi desa/kecamatan.
  1. Mendorong berkembangnya koperasi sebagai bahan usaha rakyat yang menguntungkan.
  1. Mendorong berkembangnya sektor pertanian, peternakan, perkebunan, kehutanan, pertambangan dan sektor sumberdaya energi yang MAJU dan berorientasi pada nilai tambah ekonomi berbasis pengetahuan dan daya saing yang kompetitif dengan tetap memerhatikan kepentingan lingkungan yang lestari.
  1. Meningkatkan akses permodalan bagi wirausahawan baru dan Memfasilitasi perkembangan usaha rintisan serta Mendorong berkembangnya market place yang berorientasi ekspor.
  1. Mengoptimalkan ketepatan alokasi sumber-sumber daya daerah, khususnya APBD, guna peningkatan kesejateraan rakyat.

 

Misi 04

Teruskan Pembangunan Sektor Maritim Yang Unggul dengan fokus pada peningkatan konektivitas wilayah agar terjadi pemerataan.

  1. Meneruskan Pengembangan Ekonomi Berbasis Maritim, Pariwisata dan pertanian untuk Mendukung Percepatan Pertumbuhan Ekonomi di luar kawasan FTZ dan Mengurangi Kesenjangan Antar wilayah.
  1. Membangun infrastruktur yang berkualitas, tertata, memadai dan efektif sampai ke pedesaan, kepulauan maupun daerah terdepan, terluar, dan tertinggal dan Menjamin tersedianya infrastruktur yang dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah.
  1. Menjamin konektivitas di sepanjang rantai pasok yang menghubungkan pasar dengan sentra-sentra produksi rakyat, mulai dari perikanan, perkebunan, pertanian, industri, termasuk di dalamnya UMKM.
  1. Meningkatkan Nilai Tambah dari Pemanfaatan Infrastruktur Dengan Mengembangkan Potensi Ekonomi Daerah untuk Pemerataan Pembangunan Antar wilayah
  1. Mendorong penyediaan infrastruktur bandara dan pelabuhan di wilayah kepulauan agar konektivitas kian lancar sehingga arus perpindahan orang dan barang menjadi lebih cepat dan murah dan dapat membuka kawasan yang terisolasi.
  1. Mendukung program tol laut dengan terus meningkatkan layanan kapal tol laut, kapal perintis, kapal ternak, dan kapal pelayaran
  1. Mendorong tumbuh dan berkembangnya industri perikanan dan kelautan sehingga menjadi yang terdepan di kawasan bagian barat.
  1. Mendorong industri pariwisata maritim dan budaya maritim serta Revitalisasi situs sejarah dan peninggalan Kesultanan Melayu di masa silam dan fasilitasi sektor penunjangnya agar menjadi salah satu daya tarik utama wisata dan pusat budaya serta sejarah Kepri.
  1. Pengembangan ekonomi kreatif di semua sektor terutama di sektor jasa dan industri kecil/menengah.
  1. Meningkatkan pendapatan nelayan dan petani dengan cara penciptaan skala ekonomi, melalui pengembangan program unggulan kawasan Pedesaan (cluster ekonomi).

 

Misi 05

Teruskan pembangunan sektor agama dan sosial kemasyarakatan sehingga terbangun kehidupan yang rukun, aman, damai, sejahtera.

  1. Mendorong pengembangan pondok pesantren dan pemberdayaan ekonomi umat.
  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (INSANI) yang beriman, dan bertaqwa, berdaya saing, bermartabat, serta membangun ketahanan keluarga yang kokoh.
  1. Mendorong dan Memfasilitasi komunikasi dan kerjasama lintas agama, suku bangsa dan budaya agar terwujud kehidupan yang harmonis dan bersatu.
  1. Memperhatikan secara serius kelompok Pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial seperti penyandang disabilitas, Perempuan rawan sosial ekonomi (PRSE), kelompok lanjut usia (lansia) dan anak terlantar dengan membuat program yang berpihak pada mereka serta menekan semaksimal mungkin muncul dan berkembangnya penyakit sosial di masyarakat.
  1. Menyukseskan program keluarga sejahtera dan mendorong program perubahan perilaku dan kemandirian.
  1. Menjamin perlindungan sosial bagi korban bencana dan komunitas adat terpencil serta kelompok rentan.
  1. Menguatkan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi umat dengan merangsang tumbuhnya saudagar muslim melalui pemberian akses jejaring ekonomi dan pendampingan.
  1. Mendorong tumbuhnya Santripreneur melalui kemitraan pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan dengan dunia kerja.
  1. Memperhatikan dan memfasilitasi penyelenggaraan keberlangsungan Madrasah Diniyah dengan memperhatikan Guru ngaji dan majlis taklim.
  1. Mengembangkan dan mendorong terciptanya perikehidupan masyarakat yang agamis, tertib, rukun dan aman di bawah payung budaya Melayu.

 

Misi 06

Teruskan Pembangunan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik, Bersih, Profesional dan Responsif.

 

  1. Mewujudkan tata kelola pemerintah yang bebas korupsi dan gratifikasi dengan mengedepankan tranparansi dan akuntabilitas yang di dukung aparatur pemerintah yang jujur dan berintegritas.
  1. Mengembangkan dan membentuk aparatur negara yang memiliki etos kerja yang tinggi, disiplin dan mampu melayani dengan ramah dan cepat berbasis SPM.
  1. Mendorong pengutamaan kepentingan publik dalam pelayanan birokrasi.
  1. Revitalisasi infrastruktur pelayanan public yang efisien dan efektif, baik secara manual maupun online dengan semaksimal mungkin memanfaatkan teknologi informasi, seperti E-Governace, E-Planing dan berbagai program/kegiatan lainnya.
  1. Membangun hubungan administrasi pemerintah yang harmonis dengan bupati/walikota di seluruh Provinsi Kepri sebagai bagian dari proses reformasi birokrasi.
  1. Peningkatan kualitas aparatur pemerintah di semua bidang.
  1. Mendorong masyarakat untuk melakukan kontrol terhadap kinerja pemerintahan dalam rangka pencegahan terhadap tindak korupsi dan tindakan penyelewengan guna menciptakan pemerintahan yang baik (good government).
  1. Menempatkan posisi semua stakeholder (tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pendidikan, bupati dan walikota) di Provinsi Kepulauan Riau bersatu dalam satu kepentingan yaitu teruskan pembangunan dan wujudkan kemajuan.
  1. Melibatkan institusi pendidikan tinggi di daerah sebagai mitra dan referensi akademik untuk penyusunan dan atau evaluasi program pembangunan.
  1. Menjadikan lembaga pers dan media massa sebagai mitra dalam pembangunan daerah.